Sabtu, 10 Maret 2012

Topik : Pencemaran Udara

Sheila Nesa A
Assalamu’alaikun wr.wb
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat sehingga kita bisa berkumpul bersama diacara ini. Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammah SAW.
Hadirin yang berbahagia saya haturkan banyak terima kasih kepada teman-teman yang telah hadir dalam acara ini. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato dengan tema “Pencemaran Udara”.
Pencemaran udara adalah masuknya atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfer, yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. Penyebab pencemaran udara yang paling utama adalah diperkirakan 70% pencemaran udara disebabkan oleh kendaraan bermotor. Sehingga mengakibatkan berlubangnya lapisan ozon yang bisa mengancam kehidupan manusia di bumi.
Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran udara adalah berlubangnya lapisan ozon, terganggunya saluran pernafasan, global warming, terjadi hujan asam, terganggunya fungsi reproduksi dan dapat menurunkan kecerdasan anak-anak. Saya pun merasa sangat prihatin atas semua masalah yang ditimbulkan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Banyak upaya yang dapat kita lakukan untuk sedikit meringankan masalah pencemaran udara yaitu :
• Mengurangi jumlah mobil lalu lalang. Misalnya dengan jalan kaki, naik sepeda, kendaraan umum, atau naik satu kendaraan pribadi bersama teman-teman (car pooling).
• Selalu merawat mobil dengan seksama agar tidak boros bahan bakar dan asapnya tidak mengotori udara.
• Meminimalkan pemakaian AC. Pilihlah AC non-CFC dan hemat energi.
• Memilih produk yang ramah lingkungan. Misalnya parfum non-CFC
• Memilah antara sampah basah dan sampah kering dan menyediakan tempat untuk keduanya
• Menggunakan lampu dengan kapasitas yang tepat.
• Bila kita menggunakan kamar kecil, jangan lupa mematikan air setelah kita pakai. Ingat, semakin banyak air terbuang percuma berarti kita turut memboroskan sumber daya alam.
Mari kita jaga bersama lingkungan sekitar kita mulai dari sekarang. Akhir kata saya ucapkan terima kasih. Mohon maaf apabila dalam penyampaian pidato ini terdapat kekeliruan dan kesalahan perkataan.
Wassalamu’alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar