Sabtu, 10 Maret 2012

Topik : SAMBUTAN PADA HARI SUPERSEMAR 11 MARET

Hanum Muliasari
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Terlebih dahulu marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat .
Ibu Guru yang saya hormati dan Teman – teman yang saya cintai
Setiap tanggal 11 Maret bangsa Indonesia memperingati hari yang sangat bersejarah. Kita harus tahu bahwa pada tanggal 11 Maret tahun 1966 Presiden Soekarno mengeluarkan Surat Perintah kepada Letjen Soeharto yang terkenal dengan sebutan SUPERSEMAR.
Ibu Guru yang saya hormati dan Teman – teman yang saya cintai
Kita tentu tidak akan lupa, bahwa pada tanggal 30 September 1965 yang lalu, telah terjadi tragedi nasional yang mengancam kedaulatan Negara kita. Pemberontakan yang dilakukan oleh GESTAPU PKI dengan kebiadapannya telah menjatuhkan korban yang tidak sedikit. Banyak jendral yang dibunuh secara kejam dan dimasukkan dalam sumur lubang buaya.
Sesudah itu kerusuhan melanda hampir seluruh negeri. Harga – harga kebutuhan pokok melonjak naik. Presiden Soekarno tak mampu lagi mengatasi situasi yang makin keruh, maka pada saat itulah beliau memberikan Surat Perintah 11 Maret 1966. Isinya antara lain adalah perintah kepada Letjen Soeharto untuk mengambil langkah –langkah atau tindakan yang dianggap perlu untuk memulihkan keamanan dan ketertiban, menjaga persatuan dan kesatuan, tetap berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Itulah awal mula 11 Maret diperingati sebagai Hari Nasional bersejarah sebagai tonggak di mulainya Orde Baru.
Ibu Guru yang saya hormati dan Teman – teman yang saya cintai
Apa yang telah terjadi pada tanggal 11 Maret 1966 adalah rahmat hidayah Tuhan Yang Maha Esa kepada kepada kita bangsa Indonesia untuk kembali sesuai dengan kepribadian bangsa kita yaitu Pancaila dan UUD 1945, bukannya mengimpor faham komunis yang sama sekali tidak cocok dengan kepribadian bangsa kita.
Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan. semoga kita dapat mengambil hikmahnya. Dan akhirnya marilah kita panjatkan do’a menurut agama masing – masing untuk para pahlawan dan para pemimpin Negara kita selalu diberi hidayah dan petunjuk sehingga mampu membawa Negara ini kepada masyarakat yang adil dan makmur, dan dapat ampunan Tuhan Yang Maha Esa. Amiin…
Wassalamu’alaium Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar