Sabtu, 10 Maret 2012

Topik : Pencemaran Lingkungan

Dessy Nur I
Assalamu’alaikum WR.WB
Hadirin yang saya hormati,
Pertama marilah kita panjatkan puji syukur ats kehadirat Allah SWT karenaatsalimpahan rahmat danhidayahnya kita dapat berkumpul pada pagi hai ini. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan nabi besar kita Muhammad SAW,para sahabatnya dan para pengikutnya hingga akhir zaman.
Pada kesempatan hari ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan tentang pencemaran lingkungan. Dewasa ini lingkungan di sekitar kita semakin rusak yang diakibatkan oleh pencemaran-pencemaran yang paling banyakmenyumbang kerusakan lingkungan yang diantaranya adalah pencemaran air.Pencemaran air disebabkanoelh aktivitas manusia sehari-hari yang dapat mengakibatkan adanya perubahan pada kualitas air. Pencemaran air bisa terjadi disungai, lautan,danau dan air tanah. Tingkat pencemaran terberat sebagian besar disebabkan oleh limbah industry yang dibuang kesungai maupun ke laut tanpa diolah terlebih dahulu dan juga bisa disebabkan oleh tumpahan minyak yang terjadi di laut.
Hadirin semuanya,
Apakah anda semua tahu bahwa limbah industry yang mengandung logam berat seperti timbal,toksin organic, minyak dan zat berbahaya lainnya,jika air sudah tercemar oleh limbah tersebut terutama tercemar oleh timbl dan ibu hamil meminum air tersebut maka anaknya bisa saja lahir cacat dan keterbelakangan mental. Karena memang sangatlah sulit untuk memulihkan kembali air yang sudah tercemar oleh timbal, Andaipun bisa pasti hasilnya tidak akan maksimal dan membutuhkan waktu yang sangat lama.
Hadirin yang saya hormati,
Oleh karena itu,mulailah dari sekarang kita menjaga lingkungan. Jangan sampai lingkungan kita tercemar oleh limbah,jikalau kita dahulu ikut andil rusaknya lingkungan maka sadarlah dan jangan melakukan hal itu lagi.
Dan saya pribadi hanya bisa memberikan saran atau cara yang menurut saya bisa sedikit mengurangi dampak dari pencemaran lingkungan yang sekarang sudah merusak lingkungan kita. Yang pertama hindarilah membuang sampah kesungai maupun kelaut karena air sungai dan laut bisa berbau busuk. Yang kedua ialah bagi yang mempunyai industry janganlah membuang limbah industry kesungai dan kelaut,olahlah limbah agar tidak merusak lingkungan atau dibuat bak-bak penampungan limba,karena limbah industry dapat merusak ekosistem air di sungai maupun dilaut. Dan yang terakhir khususnya untuk ibu-ibu rumah tangga, janganlah membuang air limbah ditergent sembarangan karena jika air limbah detergen tersebut dibuang sembarangan atau di sekitar tanaman, maka tanaman tersebut akan mati.
Hadirin sekalian,
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan,semoga saran atau cara yang saya berikan bisa bermanfaat untuk kita semua agar lingkungan kita bisa terselamatkan. Sehingga generasi kedepan masih bisa merasakan lingkungan yang sehat.
Wabilahi taufik walhidayah,Assalamu’alaikum WR.WB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar