Sabtu, 10 Maret 2012

Topik : Ciptakan Remaja Peduli Lingkungan

Reza Pahlevi
Assalamuallaikum. Wr. Wb..
Yang saya hormati ibu imas dan ibu halimah
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat ALLAH. SWT, karna atas berkah dan rahmatnyalah kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal`afiat pada hari ini.
Seperti yang kita ketahui remaja adalah sosok yang memiliki usia yang tergolong masih sangat muda serta mempunyai masa depan yang masih terbilang panjang, sebuah usia yang potensial dalam membangun dan menjaga lingkungan hidup ini yang semakin rusak. Dengan usia yang masih muda tersebut,sebenarnya penglibatan remaja dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup sangatlah ideal. Oleh karena itu perlu disadari dan menjadi catatan bersama bagi kita bahwa penglibatan remaja sngatlah penting dan sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan lingkungan, sekarang dan yang akan datang.
Agar remaja bisa terlibat aktif dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup, remaja tentunya perlu dibekali juga dengan ilmu pengetahuan, kesadaran, dan keterampilan tantang bagaimana menjaga kelestarian alam. Itu semua bisa kita mulai dari suatu hal yang kecil, contohnya; seperti selalu membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang bersih. Apabila semua remaja memiliki kesadaran diri dan rasa tanggung jawab pribadi untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, kita yakin bahwa lingkungan hidup pasti tentunya akan menjadi lebi baik juga bukan?
Para remaja yang memiliki kepedulian akan kebersihan lingkungan dan kelestarian alam selalu berusaha unutuk menjaga dan merawat lingkungan sekitarnya. Namun satu hal yang sangat disayangkan saat ini adalah telah membudayanya suatu kebiasaan dilingkungan sosial kita,sehingga membuat para remaja enggan untuk melakukan hal-hal kecil seperti; membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Jika remaja telah terbiasa atau cerdas megelola sampah dan limbah sejak kecil, maka lingkungan-pun pasti bisa lebih baik lagi. Namun apakah saat ini pernah terpikirkan oleh kita bahwa sampah dan limbah sekali-pun dapat menghasilkan rupiah?
Untuk dapat melaksanakan semua kegiatan dalam upaya pelestarian lingkungan tersebut, ada tiga hal yang dapat kita lakukan yaitu dengan cara 3D yaitu “D” yang pertama adalah Dimulai dari yang kecil, “D” yang kedua Dimulai dari diri sendiri dan “D” yang ketiga Dimulai dari sekarang.
Sebagai penutup saya mengutip kata pepatah yang berbunyi “kebersihan itu sebagian dari iman”, maka apabila seseorang tidak peduli terhdap kebersihan lingkungan dan kelestarian alam di sekitarnya maka sesungguhnya ia bukan merupakan orang yang beriman penuh. Untuk kedepannya saya-pun berharap semoga kita dapat lebih giat lagi alam menjaga kebersiahan lingkungan dan kelestarian alam kita,dan kita termasuk orang-orang yang beriman, amin.
Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan...

Wassalamuallaikum. Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar